Sabtu, 20 Februari 2010

JADILAH TELADAN DAN PELAKU FIRMAN TUHAN


JADILAH TELADAN DAN PELAKU FIRMAN TUHAN
Hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu dirimu sendiri. (Yak 1:22)
“Sudah berapa kali Papa katakan,Papa tidak suka kamu merokok….rokok itu dapat merusak kesehatan dan bahkan menyebabkan kanker…dasar anak zaman sekarang susah diberitahu.” Amarah besar tertumpah saat sang ayah menemukan putranya yang beranjak remaja mulai belajar merokok di dalam kamarnya. “Sini kamu!” Sang ayah mengambil beberapa batang rokok dan menjejalkannya ke dalam mulut anaknya itu. “Sekali lagi Papa lihat kamu merokok dalam rumah ini, sebaiknya kamu angkat kaki saja dari rumah ini.” Putranya tertunduk ketakutan akibat dimarahi dan berjalan lemah menuju kamarnya. Ayahnya meremas sisa rokok dan melemparkannya ke tempat sampah.
Sang ayah yang marah coba segera menenangkan dirinya, lalu ia merogoh saku kemejanya dan ternyata…… ia mengeluarkan sebungkus rokok. Menyulut rokok dan menghisapnya dalam-dalam, untuk menenangkan pikirannya.
Salah seorang mentor saya menyatakan bahwa “berbicara itu sangatlah mudah”. Dunia saat ini butuhkan teladan hidup bukan hanya sekedar orang yang cakap berkata-kata belaka. Keluarga kita membutuhkan teladan hidup dalam rumahtangga. Sebagaimana kisah di atas, sang ayah menghendaki putranya untuk tidak merokok tetapi ia sendiri seorang perokok berat. Kata-katanya kehilangan otoritas sebab kehidupannya bertentangan gaya hidupnya sendiri.
Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita menghidupi kebenaran firman Tuhan yang sering kita baca atau dengarkan melalui khotbah di gereja? Seringkali kita menuntut orang lain untuk sempurna padahal kita sendiri pun masih jauh dari sempurna.
Hari ini saya mau mengajak kita semua untuk instropeksi diri kembali dihadapan Tuhan dan meminta pertolongan Roh Kudus untuk membimbing kita menjadi teladan dan pelaku firman Tuhan.
Doa: Tuhan, tolong kami untuk dapat hidup benar dihadapanMu dan sesama. Amien.
Firman Tuhan: Yakobus 1:19-26

Tidak ada komentar: