Jumat, 27 Mei 2011

ST. ANGER


ST. ANGER
Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkan kejahatan dengan kebaikan! (Roma 12:21)
Pendeta Tono telah 20 tahun dengan setia melayani sebagai seorang Gembala Sidang. Ia dikenal sebagai orang yang sangat antusias, bermotivasi tinggi dan memiliki impian melihat setiap anak Tuhan bertumbuh menjadi segambar dengan Yesus Kristus. Pelayanan yang telah ia rintis pun berkembang menjadi besar saat ini, sayangnya terjadi perpecahan di dalamnya dan pada akhirnya Pendeta Tono difitnah dan dilengserkan dari jabatannya.
Pendeta Tono sangat kecewa melihat perilaku stafnya yang memberontak dan bahkan menebarkan fitnah. Ia sangat marah dan bergumul dalam hatinya. Ia sangat ingin membalas perbuatan yang tak menyenangkan itu. Dalam pergumulan batinnya, Tuhan menaruhkan firmanNya,”Janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hakKu. Akulah yang akan menuntut pebalasan, firman Tuhan.”
Pada akhirnya Pendeta Tono tidak menuntut pembalasan, ia menyerahkan semuanya ke dalam tangan Tuhan. Ia pun mulai mengampuni mereka yang telah memfitnahnya dan mulai kembali aktif melayani Tuhan.
Siapa pun kita, entah pendeta atau jemaat, kita semua dapat saja kecewa terhadap saudara seiman, rekan sepelayanan, organisasi, tempat kita bekerja atau siapa pun. Kita mungkin marah besar dan ingin sekali untuk balas dendam. Kita mungkin merasa telah diperlakukan dengan tidak adil.
Hari ini saya mau katakan, serahkanlah amarahmu, dendammu pada Tuhan. Lepaskanlah pengampunan pada mereka yang telah melukai dirimu. Biarkan Tuhan yang beperkara baik terhadap diri kita maupun mereka yang telah melukai kita.
Doa: Tuhan lembutkan hati hambaMu ini agar dapat mengampuni mereka yang telah melukai hambaMu ini. Amien
Firman Tuhan: Roma 12:14-21

Tidak ada komentar: