Jumat, 27 Maret 2015

Perhatikan langkahmu



Hasil gambar untuk hiking
Perhatikan langkahmu
Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif (Efesus 5:15)
“Hiking” merupakan hobi saya sejak kecil, pergi melintasi jalan-jalan pedesaan, pegunungan, menyusuri sungai dan hutan sangat menyenangkan sekali. Keindahan alam ciptaan Tuhan selalu membuat saya kagum pada perbuatan tanganNya yang ajaib. Kadang dalam perjalanan ini saya menghadapi berbagai tantangan alam. Ada kalanya kami harus berjalan menempuh jalan yang curam dan terjal di pegunungan atau bebatuan besar dan licin yang harus dilalui saat menyusuri sungai. Perjalanan yang tidak mudah tetapi menantang dan membuat adrenalin kami terpacu.
Saat kami melakukan “hiking” dimanapun kami tengah berjalan, entah di jalanan antar kota, pedesaan, hutan, gunung atau menyusuri sungai; kami harus berkonsentrasi dan waspada memperhatikan langkah kaki kami. Bila kami tidak waspada, kami bisa mengalami kecelakaan dalam perjalanan tersebut.
Rasul Paulus pun mengajarkan pada kita dalam Efesus 5:15 agar kita memperhatikan dengan seksama (baik-baik) cara hidup kita. Perjalanan kehidupan rohani kita di dalam Tuhan pun akan menghadapi berbagai tantangan. Jelas, Tuhan menghendaki agar kita senantiasa menyertakan Dia dalam setiap langkah kehidupan kita agar kita tidak mengalami celaka dan hidup dalam penyesalan. Jangan menjadi orang bebal yang memilih secara ceroboh tetapi jadilah orang arif yang memperhatikan setiap langkahnya agar tidak jatuh tersandung.
Rasul Paulus menegaskan bahwa tujuan kita adalah menjadi serupa dengan gambar Kristus, saat kita menjalani hidup secara benar dalam kasih padaNya maka kita akan terus bertumbuh. Melalui pertolongan Roh Kudus kita bisa dan dimampukan untuk menjalani hidup untuk senantiasa memuliakan Tuhan.
Doa: Tuhan ini hati saya, kuasai hati ini dan pimpin setiap langkah kaki ini. Amin.
Bacaan Firman Tuhan: Efesus 5:1-17

Tidak ada komentar: