Sabtu, 12 Juli 2008

KASIH KARUNIA



KASIH KARUNIA

Arti yang umum dari kata kasih karunia adalah kebaikan Allah yang tanpa pamrih dengan kata lain walaupun kita merupakan orang berdosa yang selayaknya dihukum namun Allah memandang kita dengan penuh kasih dan mengampuni kita. Namun itupun baru setengah arti sesungguhnya. Sebab kasih karunia juga berarti Kuasa Allah yang memberi kemampuan (2 Tes 2:16-17).
Kasih karunia Tuhan bukan saja membuat kita diterima sebagai keluarga Allah, tetapi juga memberi kita kuasa yang kita perlukan untuk hidup dalam kehidupan kekristenan kita. Ada dua aspek kasih karunia Tuhan bagi tiap orang percaya yaitu:
Kebaikan Allah yang tanpa pamrih (Ef 2:8-9)
Kekuatan Allah yang memberi kemampuan (Ef 1:5-6, 2 Kor 5:17)

Dasar dari kasih karunia ini terus menerus menyertai perjalanan kita dengan Allah. Kasi karunia Tuhan lah yang menyebabkan kita bertumbuh dan menjadi kuat di dalam Dia. Kuasa Allah diberikan pada kita secara cuma-cuma, tanpa imbalan apa-apa dari pihak kita (2 Ptr 3:18)

Kasih karunia diberikan pada para pahlawan iman

Kuasa dari kasih karunia ini dinyatakan dalam kehidupan para tokoh Alkitab. Semua tokoh menyadari keterbatasan, ketidakmampuan dan kelemahan mereka tanpa penyertaan Tuhan.
Hanya dengan mengizinkan kasih karunia Allah – kekuatanNya memampukan kita menjadi orang yang dikehendaki Allah untuk memenuhi rencana dan tujuan Allah dalam hidup kita pribadi lepas pribadi.
Musa (Kel 3:11-13, 4:1-13)
Gideon (Hak 6:1-24)
Rasul Paulus (Kis 15:40, 2 Kor 11:22-23, 12:9)

Bagaimana Kasih Karunia Tuhan Dilepaskan Dalam Hidup Kita

Dalam proses kehidupan kita semua akan menghadapi situasi-situasi tertentu dalam kehidupan kita. Kadang berat kadang ringan, namun semuanya harus kita tanggapi dengan benar sesuai Firman Tuhan. Bila kita menyatakan bahwa kita percaya pada Tuhan maka kita perlu berpegang pada kebenaran Firman Tuhan dan bukan itu saja tetapi juga mentaati setiap kebenaran tersebut. Jawaban atas iman kita padaNya adalah kasih karuniaNya, kemampuanNya yang memberi kita kemenangan dalam tiap keadaan.

Dua Janji Penting Dari Tuhan

Kita mempunyai keberanian menghampiri Tahta Kasih Karunia Allah (Ibr 4:16)
Allah itu sanggup/ mampu (2 Kor 9:8)

Tidak ada komentar: