Kamis, 23 September 2010

JADILAH TELADAN


JADILAH TELADAN
Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu (1 Timotius 4:12b)
Suatu kali kami tengah melalui jalan satu arah, tiba-tiba dari tikungan di depan kami ada sepasang kekasih mengendarai sepeda motor dengan kecepatan cukup tinggi. Untuk menghindari tabrakan maka kami berhenti, saat mereka melalui kami, si pengemudi pria melotot dan memaki kami seolah kami-lah yang telah melanggar aturan lalulintas.
Saya tersadar pada masa kini, apa yang dulu tabu atau salah dalam norma masyarakat kini menjadi lumrah. Apa yang “dulu” merupakan kebenaran sekarang menjadi luntur di dalam masyarakat. Seks pranikah dulu merupakan perbuatan terlarang kini menurut hasil survey menjadi hal lumrah dilakukan bahkan oleh anak remaja. Perbuatan aborsi merupakan perbuatan terkutuk tetapi kini banyak sekali kasus aborsi terjadi, ada pula orangtua yang tega membuang jabang bayinya ke tempat sampah. Mereka yang ingin kaya melakukan korupsi, penipuan, pergi menemui paranormal, dll. Benar-benar sungguh mengerikan apa yang terjadi dewasa ini. Hati nurani manusia seolah telah membeku, kasih terhadap sesama seolah telah hilang dalam masyarakat.
Bagaimana dengan kita sebagai anak Tuhan? Apakah kita menjadi terang dan garam bagi dunia atau malah turut andil dalam dosa dan pelanggaran? Tuhan menghendaki kita semua untuk menjadi teladanNya dan bukan sekedar beragama Kristen saja. Tidak cukup hanya rajin ke gereja sebab Tuhan mencari teladan hidup.
Doa: Tuhan, tolong anakMu ini agar dapat menjadi teladan di tengah masyarakat dimana kami tinggal. Amien.
FT: Matius 5:14-16

Tidak ada komentar: