Rabu, 08 Juni 2011

SIAPA YANG MURAHAN?


SIAPA YANG MURAHAN?
Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya (Yakobus 1:24)
Seorang Oma berbincang-bincang dengan saya di sebuah coffee shop, beliau mengeluhkan gaya hidup wanita zaman sekarang. Saat beliau melihat seorang gadis muda yang merokok, beliau mengeluh betapa gadis muda saat ini nampak murahan dengan mengisap rokok. Beliau menceritakan betapa anggunnya wanita muda pada masa mudanya, pada era penjajahan dulu. Setelah berbincang cukup lama mulai meminum kopi, ia pun mengeluarkan sebungkus rokok, mengambilnya satu batang dan mulai menyulutnya.
Saya sempat terheran-heran, bukankah tadi si Oma mengutuk dan berbicara keras betapa wanita perokok nampak seperti wanita murahan?
Saat saya pulang, saya mulai merenungkan kejadian ini dan belajar memang sangatlah mudah bagi kita mengkritisi kehidupan orang lain namun sering kita lupa untuk instropeksi diri. Seringkali kesalahan yang sama pun kita lakukan, entah kita sadar atau tidak.
Sebab itu sangatlah penting bagi kita semua, untuk bukan saja merenungkan firman Tuhan dan lalu menggunakan tolok ukur kebenaran itu untuk menghakimi orang lain. Sepatutnya setelah kita membaca dan merenungkan firman Tuhan maka pertama-tama kita harus menggunakan kebenaran itu untuk mengkoreksi kehidupan kita terlebih dulu. Sebagai murid Kristus kita harus bertumbuh di dalam pengenalan akan Dia dan mengalami transformasi dalam Dia.
Doa: Tuhan tolong kami menjadi pelaku kebenaranMU.
Firman Tuhan: Yakobus 1:19-27

Tidak ada komentar: