Minggu, 20 April 2008

SELINGKUH ITU INDAH?

SELINGKUH ITU INDAH?

“Jagalah dirimu dan jangan berkhianat” (Mal 2:16)

Suatu hari aku bertemu teman lamaku di sebuah mall. Tidak lama kemudian kami terlibat dalam perbincangan yang hangat, membicarakan pekerjaan dan juga keluarga masing-masing. Kami mulai bertukar pembicaraan yang lebih mendalam mengenai pasangan hidup dan anak-anak. Kemudian keluarlah dari mulut sahabatku bahwa ia jenuh dalam hidup pernikahannya dan hendak bertemu dengan selingkuhannya di mall tersebut. Ia mengatakan padaku,”Selingkuh itu indah.” Kucukup terkejut, sebab sobatku ini adalah anak seorang pendeta dan besar di lingkungan gereja. Benarkah selingkuh itu indah?
Tuhan mengajarkan pada kita untuk setia pada pasangan hidup, sebagaimana Tuhan itu setia adanya. Bila kita mengakui diri sebagai anakNya maka gaya hidup kita pun akan merefleksikan sifat Tuhan yang kita sembah. Bila gaya hidup kita berseberangan dengan sifat Tuhan yang kita akui sebagai Raja maka kita perlu mawas diri. Kita perlu menganalisa siapa yang sebenarnya bertahta dalam hati kita. Tuhan Yesus atau “tuan kecil” alias diri kita?
Tuhan yang kita sembah adalah Allah yang setia. Di kala kita jatuh, Ia tidak biarkan kita jatuh tergeletak namun tanganNya menopang atau memegang. Luar biasa sekali, apa yang Ia kerjakan. Di saat kita tidak setia, Ia bahkan menanti dengan setia dan berharap kita sadar akan kesalahan yang telah dilakukan. Ia mengharapkan kita kembali seperti anak yang terhilang pada bapaknya yang penuh kasih.
Terlebih Alkitab mengajarkan agar melakukan apa yang kita kehendaki orang lain perbuat bagi diri kita terlebih dahulu. Kita tidak dapat menuntut orang lain atau pasangan kita untuk setia, sebelum kita sendiri setia pada Tuhan dan pasangan.
Biarlah pada hari ini kita belajar untuk setia pada pasangan, atau kekasih kita Juga dalam mengiring Tuhan, kita belajar untuk taat dan setia pada FirmanNya yang telah kita dengar.

DOA: TUHAN, ajar kami untuk menjadi setia pada pasangan kami terlebih padaMU.

FT: Maleakhi 2:14-16

Tidak ada komentar: