Selasa, 19 Agustus 2008

TERKENA VIRUS


TERKENA VIRUS

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan (1 Yoh 1:9)


Seperti biasa Lulu tengah mempersiapkan bahan tulisan untuk tugas kuliahnya. Ia mendownload semua bahan tugasnya dari flash disk. Setelah semua masuk dalam memori komputernya, ia siap untuk menyusun tugasnya tersebut. Lalu Lulu melihat sebuah folder asing dalam komputernya. Tanpa basa-basi didorong oleh perasaan ingin tahu yang sangat kuat, ia lalu mengklik folder itu. Walhasil, setelah ia melakukan hal tersebut timbul penyesalan sebab ternyata itu merupakan virus computer. Kini akibat virus tersebut beberapa program rusak dan kecepatan computer itu menjadi lambat. Lulu menyesali sebab ia tidak pernah mengaktifkan program anti virus di komputernya. Namun penyesalan sudah terlambat, kini ia harus membawa komputernya ke tangan ahli untuk diperbaiki.
Dalam kehidupan pergaulan kita sering kali tanpa sadar mengadopsi sikap, nilai bahkan kebiasaan yang buruk dari dunia. Biasanya tanpa sadar saat kita bergaul dengan orang-orang yang tidak kenal Tuhan maka kita mulai mengadopsi nilai-nilai dunia dalam kehidupan kita. Saat seseorang mulai bergaul dengan sahabat yang cinta akan uang, ia dapat saja terkena “virus cinta akan uang”. Hingga tanpa sadar ia akan lebih mementingkan uang daripada Tuhan. Saat seseorang sudah jatuh dalam perangkap dosa ini, maka ia akan dengan mudah terkontaminasi oleh “nilai dunia” ini. Hingga ia mulai tidak peka akan kehendak Tuhan bagi dirinya dan bagi sesamanya. Ia mulai dikuasai oleh “virus dunia” ini. Mulai hari ini berhati-hatilah dan perhatikan dengan siapa engkau bergaul. Kalaupun kita sudah mulai terkena “virus dunia”, cepat berpaling pada Tuhan sebab di dalam tanganNya ada kemerdekaan.
Bagaimana kita dapat bebas dari “virus dunia” ini? Pertama-tama, kita harus sadar bahwa kita telah jatuh dalam dosa dan kita tidak dapat membebaskan diri kita sendiri. Kedua, kita butuh Tuhan yang mampu menyelamatkan dan menguduskan kita dengan sempurna. Ketiga, bertobat dan meninggalkan kebiasaan dosa. Bergaul dengan teman-teman yang takut akan Tuhan dan mulai menerapkan Firman Tuhan setiap waktu dalam kehidupan kita. Hingga kita menghidupi gaya hidup Kristus dan bukan gaya hidup dunia.

Doa: Tuhan, aku sadar hidupku telah cemar, ampuniku, pulihkanku dan kuduskanku lagi. Amien.

FT: 1 Yoh 1:5-10

Tidak ada komentar: