Kamis, 21 Oktober 2010

MENGAPA BISA TERJADI?


MENGAPA BISA TERJADI?
Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong….(1 Tim 3:6a)
Anita seorang anak Tuhan yang luar biasa bersemangat, setelah ia lahir baru. Ia sangat aktif dalam berbagai kegiatan gereja dan terlibat di dalamnya. Ia memberi diri untuk melayani secara sukarela. Hampir setiap minggu ia membawa jiwa baru ke gereja. Tentu saja semua orang senang, terutama para hamba Tuhan yang ada. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memanggil Anita dan mengangkat dia menjadi salah satu staf gereja.
Beberapa saat setelah pengangkatan tersebut, sikap Anita berubah. Anita yang hangat dan berapi-api untuk Tuhan tiba-tiba berubah. Ia menjadi sulit didekati dan meminta jemaat untuk “menghormati” dirinya bahkan ia menuntut pengakuan dari rekan sekerjanya. Ia merasa tanpa dirinya gereja tersebut tidak akan mengalami pertumbuhan, sebab dirinyalah yang dipakai Tuhan untuk “membawa jiwa baru”. Ia merasa dirinya sangat istimewa melebihi yang lain.
Mengapa hal ini bisa terjadi? Sang pendeta berdoa dan lalu menemukan peringatan Rasul Paulus terhadap anak rohaninya, Timotius, agar tidak terburu-buru mengangkat seorang petobat baru menduduki suatu jabatan. Sang pendeta menyadari seharusnya ia memuridkan terlebih dulu Anita hingga karakternya diubahkan firman Tuhan.
Apa yang dapat kita pelajari dari pengalaman tersebut? Dalam hidup kita yang terpenting bukan pelayanan di gereja, tetapi melayani Tuhan dengan hidup taat sesuai firmanNya. Bila karakter kita diubahkan Tuhan, kita akan makin segambar dengan diriNya maka pelayanan yang sejati itu akan mengalir melalui diri kita. Hingga kita akan jadi berkat dimana saja, baik di gereja maupun masyarakat.
Doa: Tuhan, tolong saya hari ini untuk terus bertumbuh dalam Engkau hingga setiap orang dapat melihat pribadiMu dalam diri saya. Amien.
Firman Tuhan: 1 Timotius 3:1-7

Tidak ada komentar: