Jumat, 07 Agustus 2015

Jadilah Teladan



Hasil gambar untuk teladan
Jadilah Teladan
Didiklah (anak-anakmu) di dalam ajaran dan nasihat Tuhan (Efesus 6:4)
Tahukah Anda bahwa delapan puluh persen dari semua yang dipelajari anak-anak selama 12 tahun pertamanya diserap melalui mata (penglihatannya). Hal ini membuat saya kembali berpikir apa yang telah diserap anak-anak saya selama ini melalui penglihatannya. Apa yang telah mereka baca, acara televisi dan film yang ditonton, peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kami, kondisi lingkungan kami tinggal dan yang terutama teladan apa yang telah mereka lihat dari kami sebagai orangtua mereka.
Saya teringat masa kecil saya, bila ada tamu datang dan orangtua saya enggan menemuinya maka saya diperintahkan untuk mengatakan bahwa mereka sedang tidak ada di rumah agar tamu tersebut pergi. Saya saat itu bingung sebab orangtua saya mengajarkan agar saya tidak boleh berdusta tapi seringkali saya disuruh berdusta bagi mereka. Apakah anda pernah mengalami hal ini saat kecil?
Ayah dan ibu memiliki peranan yang sama pentingnya dalam tumbuh kembang seorang anak. Pengaruh keteladanan orangtua sangat penting bagi anak-anaknya. Orangtua memang belum sempurna dalam menjalankan kehidupannya, tetapi orangtua di dalam Tuhan sewajarnya setiap saat berubah makin serupa dengan Kristus. Bila orangtua memelihara kebenaran firman Tuhan dalam hidupnya dan tingkah lakunya tidak mencoreng karakter Tuhan melainkan mencerminkannya maka anak-anak akan bertumbuh dalam takut akan Tuhan yang sehat.
Ini tentu saja merupakan tantangan bagi semua orangtua di mana pun. Rasul Paulus menekankan pentingnya bagi kita untuk berjalan dalam kekuatan kuasaNya agar kita dapat mencerminkan kasih dan kesabaran Bapa surgawi kita pada anak-anak. Jadilah teladan dalam kehidupan sehari-hari bagi anak-anak terkasih, mereka lebih membutuhkan hal tersebut dibanding sekedar perkataan yang benar.
Doa: Bapa Surgawi penuhiku dengan kasihMU agar kubisa mengasihi pasangan, anak-anak dan setiap orang yang kutemui dengan kasihMU yang murni. Amien.
Firman TUhan: Efesus:1-11

Tidak ada komentar: