Jumat, 07 Agustus 2015

Pergumulan Saya dengan rokok



Hasil gambar untuk merokok

Pergumulan Saya dengan rokok
Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! (1 Korintus 6:20)
Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk saya dulu, saya mulai merokok pada usia 10 tahun. Kebiasaan buruk ini terjadi saat saya mengalami kekecewaan terhadap ibu yang menikah lagi secara diam-diam. Saya kecewa sebab tidak merasa dilibatkan dalam pernikahan tersebut dan akhirnya sebagai bentuk pemberontakan dan mencari perhatian saya mulai merokok bersama teman-teman sebaya yang nakal. Bermula dari pelarian akhirnya menjadi sebuah kecanduan.
Saat saya duduk di bangku SMP, ayah tiri saya mendapati saya sedang merokok dengan kawan-kawan akhirnya kami disidang olehnya dan sepuluh batang rokok ia jejalkan ke dalam mulut saya. Ia memarahi dan menyuruh saya menghisap rokok tersebut sampai habis. Saya batuk-batuk dan muntah. Saya merasa dipermalukan dan pada akhirnya bukan berhenti merokok tetapi semakin tenggelam dalam kecanduan. Tiada hari tanpa rokok, saat itu saya merokok bagai lokomotif kereta api. Hingga saat sekolah pun saya sering dipanggil guru BP bahkan Kepala Sekolah akibat kebiasaan buruk tersebut saya lakukan di lingkungan sekolah.
Hingga akhirnya diusia 21 tahun saya mengenal Tuhan Yesus secara pribadi. Saya mulai menyadari bahwa kebiasaan merokok ini tidak baik bagi tubuh saya. Namun saya berkeras bahwa merokok itu tidak dosa dan tidak ada ayat yang melarang merokok. Sampai akhirnya Roh Kudus menyadarkan saya bahwa tubuh saya ini adalah rumah Tuhan, Tuhan mau saya menjadi saksi bagiNya yang efektif. Padahal kebiasaan merokok dapat merusak kesehatan bukan saja bagi diri sendiri tetapi juga orang-orang disekitar saya. Sejak saat itu saya berkomitmen untuk berhenti merokok dan oleh kasih karuniaNya saya dimampukan untuk berhenti dari kecanduan untuk merokok.
Doa: Tuhan tolonglah kami untuk lepas dari kebiasaan buruk dalam kehidupan kami agar kami dapat menjadi saksi yang efektif bagiMU.
Firman TUhan: 1 Korintus 6:19-20

Tidak ada komentar: