Rabu, 02 November 2016

Ku ingin mati



Hasil gambar untuk orang tidak mengurus diri
Ku ingin mati

Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu (Amsal 17:17a)

Paman Dodo yang hidup sebatang kara merasa sangat putus asa terlebih, ibunya sudah sangat tua dan tinggal di negeri seberang. Sang Ibu kondisinya sudah sangat menurun akibat usia dan sakit penyakit. Paman Dodo yang tidak memiliki pekerjaan dan bergantung dari bantuan keuangan sang Ibu merasa gelisah akan masa depan kehidupannya. Saat saya ajak berbincang, ia merasa lebih baik mati saja. Dia sangat sayang pada ibunya dan tidak siap kehilangan beliau.
Saya coba meyakinkannya bahwa ia tidak seorang diri, kami siap membantu dan menolong bilamana terjadi sesuatu pada sang bunda. Namun dapat saya lihat bahwa Paman Dodo sudah kehilangan semangat hidupnya. Ia menjadi jarang mandi, tidak pernah bercukur maupun potong rambut, kamar kostnya kotor dan makan sembarangan saja tanpa memikirkan dampak makanan siap saji bila dikonsumsi setiap hari.
Setiap minggu saya coba mengunjungi orang-orang yang hidup sebatang kara seperti Paman Dodo. Perjalanan hidup kita sebagai manusia tidaklah mudah, ada banyak orang yang hidup sendirian dan tak memiliki sahabat. Mereka tidak punya teman atau saudara untuk berbagi. Memiliki sahabat di kala kita kaya dan makmur itu mudah tanpa dicari banyak orang berdatangan tetapi saat kita hidup susah dan miskin sangat sulit kita memiliki sahabat yang mau benar-benar ada di sisi kita.
Banyak orang yang saya temui berkata,”Aku ingin mati saja.” Begitu banyak orang yang hidup dalam keputusasaan. Terlebih bila mereka hidup seorang diri saja. Entah karena mereka membujang atau telah berpisah dengan pasangan dan juga anak-anaknya. Ada pula yang diabaikan oleh anak-anaknya.
Bagaimana dengan Anda saat ini, apakah Anda juga merasa putus asa, sendirian, kesepian, tidak memiliki sahabat sejati? Manusia dapat saja mengecewakan tetapi ingatlah selalu bahwa ada Sahabat Sejati yang akan selalu menerima kita apa adanya. Atau adakah seseorang di sekitarmu atau anggota keluargamu yang hidup dalam keputusasaan? Kunjungi mereka, temani mereka dan jadilah sahabat untuk saling berbagi dan peduli.

Doa: Tuhan tolong kami untuk keluar dari keputusasaan ini hingga kami dapat hidup berkemenangan dan menolong sesama kami.

Firman Tuhan: Mazmur 69:14-17

Tidak ada komentar: