Selasa, 08 November 2016

Tetaplah Berbuat Baik



Hasil gambar untuk orang suka fitnah
Tetaplah Berbuat Baik

Jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apa jasamu? (Lukas 6:33)

Tetangga kami mengalami kecelakaan, bukan saja menderita secara fisik akibat tabrakan tetapi mobil yang mereka pinjam dari tetangga di lingkungan kami mengalami rusak parah. Pemilik mobil tersebut marah besar dan tidak peduli terhadap kecelakaan yang baru saja terjadi. Mereka hanya memberi waktu satu minggu untuk membawa mobil mereka ke bengkel ternama. Istri saya yang mengetahui kejadian tersebut, berbelaskasihan. Ia mencoba menolong keluarga itu semampunya. Ia memasak dan memotivasi keluarga tersebut setiap hari bahkan menggalang tetangga yang lain untuk peduli terhadap mereka. Singkat cerita para tetangga yang lain bergotongroyong untuk membantu keluarga ini bukan saja untuk pemulihan kesehatan mereka bahkan juga untuk perbaikan kendaraan yang rusak.
Kami sangat gembira melihat bagaimana para tetangga dapat bersatu untuk melakukan sesuatu bagi warga yang lain. Namun kegembiraan kami hanya sebentar, tiba-tiba beredar gosip tidak sedap bahwa istri saya menggunakan uang sumbangan untuk kepentingan pribadi. Padahal kami sama sekali tidak pernah menerima uang dari siapapun, kami hanya menyampaikan informasi dan mendorong orang-orang untuk membantu tetangga kami tersebut secara langsung.
Lebih menyedihkan lagi ternyata penyebar gosip tersebut adalah tetangga yang telah kami tolong. Kesal dan marah bercampur aduk dalam hati kami. Kami sampai sempat apatis dan enggan membantu orang lain lagi. Sampai suatu hari Tuhan pertemukan kami dengan seorang pendeta senior. Ia mendengarkan kami dengan penuh kesabaran dan pengertian. Lalu ia menjawab,” Jangan pernah pengalaman ini menghentikanmu untuk tetap berbuat baik. Sebab Tuhan menghendaki kita mengasihi semua orang bahkan orang yang memusuhi kita. Makna memusuhi adalah bahwa orang tersebut memang sudah merancangkan kejahatan pada kita tetapi Tuhan ingin kita tetap berbuat baik dan bukan membalasnya dengan kejahatan.”
Pernyataan ini tidak mudah tetapi bila kita mau mentaatinya maka Tuhan akan beri kemampuan bagi kita untuk melakukannya.

Doa: Tuhan mampukan kami untuk senantiasa berbuat baik pada sesama kami bahkan orang yang jahat terhadap kami.


Firman Tuhan: Lukas 6:27-36

Tidak ada komentar: