Kamis, 11 September 2008

BUNGA DALAM POT


BUNGA DALAM POT

Bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus (2 Ptr 3:18)


Pagi hari saat kutengah menyirami bunga, kusadari bahwa tumbuhan ini seharusnya hanya sekedar disirami tiap hari namun perlu pemupukan juga. Tanaman itu mulai bertumbuh dan nampaknya aku juga perlu mengganti potnya. Pot itu terlalu kecil dan akan mematikan pertumbuhan tanaman tersebut. Aku ingin tanaman itu dapat tumbuh optimal, maka kuputuskan pergi ke toko penjualan bunga dan bibit. Lalu kubeli pot yang besar bagi tanamanku, juga sekarung pupuk, tanah segar dan juga beberapa tanaman baru. Sungguh saat kupindahkan tanaman itu dalam pot yang baru dan menyampur komposisi tanah dan pupuk dengan benar sesuai instruksi tukang tanaman, beberapa minggu kemudian nampak pertumbuhan tanaman-tanaman itu. Teras rumah kami makin meriah dan asri dengan adanya tanaman-tanaman itu.
Hidup kita juga perlu senantiasa bertumbuh di dalam Tuhan. Setelah kita diselamatkan oleh Tuhan dari kebinasaan, bukan berarti semua sudah beres. Sama sekali tidak! Tuhan menghendaki kita untuk bertumbuh di dalam kasih karunia dan pengenalan akan Dia. Baik bila setiap hari kita bersaat teduh, membaca Alkitab dan berdoa. Namun Tuhan menghendaki lebih dari sekedar suatu pertemuan rutin, Ia menghendaki kita melibatkan Dia dalam segala aspek kehidupan kita.
Tuhan menghendaki agar kita dengan rela datang padaNya, memberi diri kita untuk dibentuk hari lepas hari menjadi serupa dan segambar dengan Dia. Terkadang Tuhan harus mengizinkan masalah menimpa diri kita agar kita kembali kepangkuanNya. Bukan karena Tuhan jahat sebaliknya karena Ia sangat mengasihi kita dan tidak mau kita binasa. Mari kita sadari bahwa segala sesuatu dalam dunia ini bertumbuh dan hal yang sama juga terjadi dalam kerohanian kita.

Doa: Tuhan, tolong kami untuk dapat terus bertumbuh di dalam Engkau hingga gambar Kristus nampak melalui diri kami. Amien.

Firman Tuhan: 2 Petrus 3:17-18

Tidak ada komentar: