Kamis, 11 September 2008

JANGAN MELAMUN


JANGAN MELAMUN

Semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis………… pikirkanlah semuanya itu. (Filipi 4:8)

Temanku mengatakan paling enak melamun, sebab selain gratis dapat berkhayal sesuka hati. Namun temanku yang lain menyatakan bahwa melamun merupakan hal yang berbahaya sebab saat pikiran kosong dan mengembara, Iblis dapat masuk dan memberikan ide untuk berbuat dosa.
Aku setuju dengan rekanku yang kedua, pikiran merupakan “medan peperangan”, bila kita memikirkan yang salah maka pemikiran itu akan menyesatkan kita. Aku teringat suatu kali melihat sobatku yang berwajah masam dan saat kusapa, ia hanya menganggukkan kepala tanpa senyum menghias wajahnya. Lalu aku mulai berpikir mengapa dia bersikap begitu padaku, apa salahku, hingga akhirnya aku mulai jengkel padanya. Pikiranku pun jadi negatif terhadap dia sepanjang malam, keesokan paginya seusai bersaat teduh, aku tergerak untuk menelpon temanku itu.
Saat kutelpon dia, aku bertanya,”Bagaimana kabarmu, sobat?”. Ia pun menjawab,”Baik semuanya, hanya hari ini aku mau ke dokter gigi, aduh….dua hari ini gigiku sakit hingga sulit tidur.” Segera kujadi malu, ternyata wajahnya masam karena sedang sakit gigi. Tidak seharusnya aku melamunkan hal yang buruk tentang dia, namun kutelah izinkan pikiran negatif menguasai pikiranku.
Anda pernah alami pengalaman seperti ini? Bila ya, marilah kita mulai menjaga pikiran kita, jangan biarkan semua pikiran negatif menyerbu diri kita dan menguasai pikiran kita. Biarlah pikiran kita dipenuhi oleh Firman Tuhan, bila kita renungkan kebenaran maka hidup kita akan jadi benar, lebih bahagia, setiap keputusan kita berdasarkan kehendak Tuhan dan bukan opini sendiri yang kadang menyesatkan. Mulai hari ini, mari kita jagai pikiran kita, sebab ingat pikiran adalah “medan peperangan” hidup kita.

Doa: Tuhan, jagailah pikiran kami agar selaras dengan Engkau, jauhkan pola piker negatif dalam hidup kami. Amien.

Firman Tuhan: Filipi 4:4-9

Tidak ada komentar: