Jumat, 25 Januari 2008

Mengucap Syukur



MENGUCAP SYUKUR
Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah(1 Tes 5:17)
Ketika acara pergantian tahun berlangsung, begitu banyak orang yang sibuk untuk merayakannya, entah dengan pergi ke suatu acara di hotel berbintang, jalan-jalan ke luar negeri mencari suasana yang lain atau sekedar pada tengah malam ke pusat kota dan berkumpul ramai-ramai dengan penduduk yang lain. Bagi keluarga kami acara tutup tahun kemarin, hanya kami sambut dengan acara sederhana. Acara bakar jagung dan lalu berdoa bersama untuk memasuki tahun yang baru di dalam Tuhan. Mengucap syukur atas penyertaan Tuhan pada tahun sebelumnya dalam kehidupan rumahtangga maupun pelayanan.
Dalam kehidupan yang kita jalani semua orang ingin memperoleh hidup yang nyaman dan selalu berkecukupan. Sayangnya selama kita hidup di muka bumi, entah kita kaya atau miskin, kita pasti menghadapi masalah dalam hidup ini. Suka atau tidak.
Saat kita berkelimpahan harta sangat mudah bagi kita untuk mengucap syukur dan mengatakan bahwa Tuhan Yesus itu baik. Namun ada pula saat dalam hidup ini yang harus kita lalui terkadang terasa berat sekali. Mungkin saat kita menghadapi dukacita, kekurangan, penganiayaan, ditinggal selingkuh oleh pasangan, anak murtad dan hal lainnya.
Hari ini Tuhan mau mengajarkan pada kita untuk senantiasa mengucap syukur dalam segala hal. Bila anda lihat langit, pada saat cuaca cerah di siang hari sangat mudah bagi kita untuk melihat bahwa matahari bersinar di atas sana. Namun saat awan hujan yang hitam dan tebal menutupi langit, kita tidak dapat melihat matahari. Lalu apakah itu berarti matahari tidak ada di sana lagi? Tidak, matahari itu tetap ada di langit, entah cuaca sedang baik atau mendung. Begitu pula Tuhan, entah saat hidup berjalan mulus atau tengah dalam permasalahan yang sepertinya tidak berkeputusan, ingatlah selalu Dia ada di sisimu.
Ucapkanlah syukur senantiasa sebab Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang setia, sekali-kali Ia tidak akan membiarkan dan meninggalkan kita. Itulah janjiNya bagi setiap kita anakNya.
Doa,”Tolong dan ajar kami untuk berhenti mengeluh dan mulai mengucap syukur di dalam segala hal.” Amin
FT: 1 Tes 5:15-18

Tidak ada komentar: