Senin, 14 Januari 2008

ROH KUDUS penolong kita



ROH KUDUS PENOLONG KITA
Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran (Yohanes 16:13)
Suatu kali ibu-ibu tengah mengantri makan prasmanan pada suatu ucapan syukur. Saya melihat saat acara makan dimulai sebagian ibu bergegas mengeluarkan kantung plastik untuk mengambil makanan untuk dibawa pulang. Padahal masih banyak orang yang belum mengambil bagian untuk makan siang. Baru saja mereka mendengarkan khotbah mengenai mengasihi Tuhan dan sesama manusia dengan segenap hati. Menjadi orang beragama Kristen itu mudah tetapi menjadi orang Kristen nampak dari teladan hidupnya.
Saat saya renungkan kejadian itu, saya tersadar bahwa mudah bagi kita untuk mendengarkan khotbah dan menyukai apa yang disampaikan namun semua akan percuma saja bila kita tidak menerapkannya dalam hidup kita. Banyak diantara kita yang tidak berbeda dengan Raja Herodes, yang menyukai pengajaran yang diberikan oleh Yohanes Pembaptis namun tidak mau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kita akan mengalami kesulitan bila kita coba taat pada Tuhan dengan kemampuan sendiri. Oleh sebab itu Tuhan Yesus telah mengutus Roh Kudus untuk turun dan tinggal dalam hidup kita. Roh Kudus akan memberikan pada kita kuasa untuk taat dan hidup sesuai Firman Tuhan. Saat Roh Kudus memenuhi hati maka akan terjadi perubahan dalam hidup kita.
Tuhan menghendaki kita untuk menjadikan Ia sebagai Tuhan dan Juruselamat seutuhnya. Itu berarti sebagai anak Tuhan, kita mau menyenangkan hati Bapa dengan rela. Bila hati kita melekat dengan hatiNya maka apa yang menjadi prioritasNya menjadi prioritas kita juga. Tuhan kita adalah Tuhan yang penuh kasih dan tidak egois. Saya percaya bila kita dekat dengan Tuhan maka kita tidak egois tetapi penuh kasih satu dengan yang lainnya.
Doa: Roh Kudus tolong aku pada hari ini untuk jadi anak Terang
Bacaan FT : Yohanes 16:4b-15

Tidak ada komentar: