Minggu, 16 Oktober 2016

Ada Tuyul Di Sini



Hasil gambar untuk Ada Tuyul Di Sini
Ada Tuyul Di Sini

Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan (Yeremia 17:7a)

Beberapa waktu lalu saya membaca iklan di sebuah media sosial, ada orang yang menawarkan tuyul (makhluk halus yang konon bertubuh kecil dan dapat mencuri uang) seharga 1,5 juta Rupiah. Saya berpikir ada-ada saja sekarang, cerita tentang tuyul memang sudah ada sejak dulu setahu saya orang yang mau memelihara tuyul biasanya pergi mengunjungi dukun tertentu. Namun rupanya sekarang zaman modern, penawaran tuyul pun online.
Rupanya bukan saya saja yang membaca iklan tersebut sebab para tetangga kami pun membicarakan hal yang sama, mungkin ada yang mengirimkan berita tersebut secara viral. Baru saja berita tersebut menjadi pembicaraan hangat di seputar tetangga, tiba-tiba banyak orang mengalami kehilangan uang secara misterius. Lalu banyak orang berasumsi dan mulai berbisik-bisik, “Ada Tuyul di sini”.
Saya melihat dan mendengar bagaimana mereka berupaya mencegah uang mereka diambil tuyul lagi. Ada yang menaruh bumbu-bumbu dapur dalam dompetnya, ada yang menaruh kelereng, ada yang menyimpan uang di dalam pakaian dalamnya, ada juga yang mengenakan baju terbalik untuk bisa melihat tuyul dan pemeliharanya dan lain-lain. Konyolnya saya melihat ada anak Tuhan yang juga ikut-ikutan melakukan hal yang sama.
Bila kita hidup benar di hadapan Tuhan, saya percaya setiap anak Tuhan dilindungi olehNya. Namun bila kita hidup dalam dosa bisa saja Tuhan izinkan hal yang tidak menyenangkan terjadi sebagai pembelajaran agar kita kembali padaNya. Bisa saja uang kita hilang sebab kita sangat pelit dan tidak pernah mau membantu sesama atau memberi persembahan di dalam ibadah. Hingga Tuhan mau ajar kita agar hidup kita jangan bergantung pada uang. Mengapa hal itu terjadi? Agar kita sadar bahwa hati kita tidak melekat pada Tuhan tetapi  lebih cinta harta atau uang. Mungkin di bibir kita menyatakan mengasihi Dia tetapi Tuhan tahu isi hati kita yang sebenarnya.
Tuhan menyelidiki hati kita dan sebagai Bapa yang baik, IA akan mengajar dan mendisiplin kita agar kita sungguh-sungguh melekat padaNYA.

Doa: Tuhan selidiki hati kami dan layakkan kami di hadapanMU.

Firman Tuhan: Yeremia 17:5-10   

Tidak ada komentar: